BOR RS Semakin Tinggi, Warga Kota Bandung Diminta Tidak Panik

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyambangi sejumlah rumah sakit di Kota Bandung guna berkoordinasi terkait ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR). Mengingat kondisi BOR di Kota Bandung sudah di angka 90 persen.

Meski dalam tingkat kewaspadaan tinggi, Yana mengingatkan, agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Pasalnya, setiap hari rumah sakit mengupayakan penambahan tempat tidur khusus penanganan Covid-19.

“Kami terus mendorong teman-teman rumah sakit di Kota Bandung menambah kapasitas tempat tidur. Harapannya, teman-teman rumah sakit bisa menambah. Mudah-mudahan itu juga tidak dipakai,” ucap Yana saat di Rumah Sakit Advent, Kamis (17/6/2021).

Sebelum menyambangi Rumah Sakit Advent, katanya lebih dulu datang ke RS Santo Borromeus. Koordinasi serupa terkait tempat tidur ini menjadi perhatian khusus.

Meskipun, lanjutnya, dari sekitar 90 persen tingkat keterisian tempat tidur di Kota Bandung ini setengahnya dihuni oleh pasien yang berasal dari luar daerah. Namun, dia memastikan rumah sakit di Kota Bandung tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik.

“Memang berdasarkan indikator BOR seperti kita ketahui sudah di atas 90 persen. Tapi kalau kita lihat 50 persennya itu bukan warga Kota Bandung. Tentunya atas dasar kemanusiaan tidak mungkin rumah sakit menolak pasien non Kota Bandung,” jelasnya.

Apalagi saat ini wilayah terdekat, yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat berada dalam zona merah, sehingga ia berharap rumah sakit di Kota Bandung harus siap melakukan langkah antisipasi.

“Tetangga kita ada di zona merah. Tentunya itu ada dampak, sehingga pasien terindikasi Covid-19 dirujuk ke rumah sakit Kota Bandung,” terangnya.

Di samping itu, Yana juga terus mendorong agar tempat isolasi mandiri bisa tersedia di level kewilayahan. Level kecamatan bahkan kelurahan harus bisa menginventarisasi potensi tempat isolasi mandiri.

Seperti ketika mengunjungi Kecamatan Ujungberung, ia melihat ada potensi bangunan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bisa dijadikan tempat isolasi mandiri dengan kapasitas hingga 200 orang. Apabila tempat isolasi mandiri ini maksimal maka bisa mengurangi beban daya tampung di rumah sakit.

“Kita dorong di satu kelurahan ada 2-3 tempat isolasi. Itu akan sangat luar biasa. Kita terus diskusikan peluang-peluang yang bisa kita manfaatkan untuk isoman. Supaya membagi beban,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Yana juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada rumah sakit dan segala Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Karena hingga saat ini masih tetap optimal melakukan penanganan di saat kasus terus meningkat.

“Pemkot Bandung mengucapkan terima kasih kepada fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bandung. Termasuk tenaga kesehatannya yang sudah bersama-sama menghadapi peningkatan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung,” ujarnya.

Selain menambah jumlah tempat tidur, ternyata pihak rumah sakit juga menyiagakan seluruh SDM yang dimiliki. Sehingga tak jarang para tenaga kesehatan terpaksa bekerja lembur.

Seperti yang dituturkan oleh Direktur Rumah Sakit Advent Bandung, Alvin Rantung. Menurutnya, pihak manajemen terpaksa mengatur jadwal para tenaga kesehatan lebih ketat. Apalagi jumlah perawat di RS Advent terbatas.

“Tetapi coba kita atur karena masyarakat sangat membutuhkan pelayanan. Perawat yang seharusnya off atau cuti, kita panggil masuk semua,” ungkapnya.

“Mereka semangat mau melayani. Karena melihat situasi, kita juga terus tambah kebutuhan untuk tenaga kesehatan ini,” papar Alvin.

Sedangkan untuk tempat tidur di RS Advent, saat ini Alvin akan mengupayakan penambahan. Dari sebelumnya 48 persen kapasitas RS Advent, kini akan diupayakan menjadi 58 persen daya tampungnya khusus untuk penanganan Covid-19.

“Sekarang BOR kita sekitar dari 114 tempat tidur, dari kemampuan rumah sakit 237 tempat tidur. Kita akan tingkatkan sampai 135 tempat tidur,” jelasnya.

“Ke depan, membuka lagi lantai dua gedung ini akan berubah dari untuk pasien non Covid-19 menjadi tempat tidur Covid-19. Kita ada ruang ICU dengan tekanan negatif dan ventilator. Itu ada 12 tempat tidur,” katanya. (rls)