BIJB Perlu Dukungan Moda Darat

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bandung – Bandara Internmasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka dipastikan akan meningkatkan sektor perekonomian di Jawa Barat dan masyarakat sekitar pada khususnya.

Namun menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat, Dody Herlando, untuk memudahkan penumpang pesawat menuju ke wilayah lain, perlunya dukungan moda transportasi darat yang bisa mengakses sejumlah wilayah di sekitarnya.

“Itu sudah menjadi perhatian pengguna, misalnya yang tinggal di Brebes atau Tegal akan turun di Kertajati dan mungkin juga lanjut di darat. Dan ini mungkin ekspos wisata sekitar Jawa barat juga berpotensi,” jelas Dody kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Dody menambahkan, dengan daya dukung moda transportasi darat ini akan membantu percepatan pembangunan kawasan tersebut sehingga jumlah penumpang yang menggunakan pesawat akan terus bertambah.

“Jadi sebenarnya ternyata kesiapan bandara sehingga nantinya memberi kemudahan pada airline-airline supaya jalurnya dibuka. Jadi travel di darat itu memberi kemudahan-kemudahan untuk ke wilayah sekitarnya,” imbuhnya.

Dari 5 maskapai penerbangan yang rencananya membuka layanan ke BIJB Kertajati ini, baru Citylink yang telah beroperasi sejak dibukanya bandara tersebut untuk layanan komersial.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung