BI Jabar Gelar KKJ 2019

Bandung – Sejalan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa  Barat telah melakukan pengembangan UMKM melalui beberapa program yaitu pengembangan klaster ketahanan pangan, pengembangan ekonomi lokal/Local Economy Development (LED) dan pengembangan Wirausaha Bank Indonesia (WUBI).

BI Jawa Barat juga telah mengembangkan 9 klaster binaan dengan jenis komoditas Sapi Potong, Agribisnis, Beras, Bawang Merah, Jagung dan Cabai dan untuk program LED telah dilakukan Pengembangan UMKM Unggulan di bidang perikanan, industri kreatif kerajinan wayang dan komoditi ekspor kopi.

Dalam rangka perluasan akses pasar, BI Jawa Barat mengikutsertakan WUBI dalam event nasional maupun internasional sekaligus business matching seperti Karya Kreatif Indonesia (KKI), Indonesia Fashion Week 2018, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), Indonesian Festival yang dilaksanakan di beberapa negara aeperti di Rusia (2016), Ottawa (2017), Jepang (2018), Singapura (2018) dan Royal Adelaide Show (RAS) 2017-2018.

Beberapa kegiatan inilah BI Jawa Barat mulai hari ini, Jumat (28/06) hingga Minggu (30/06)  menyelenggaraan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2019 sebagai road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang menyajikan karya UMKM unggulan Jawa Barat dengan kualitas standar KKI.

Menurut Kepala KPw Bank Indonesia Jawa Barat, Doni P. Joewono, kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) ditujukan untuk mendukung pengembangan UMKM, mempromosikan produk unggulan UMKM dan mendorong ekspor UMKM dan memperluas akses pasar khususnya industri kreatif di Jawa Barat.

“Kegiatan ini kolaborasi dengan KPw BI Jabar dengan KPw BI Cirebon dan Tasikmalaya dan didukung oleh Pemprov Jawa Barat, Dekranasda, OJK dan Perbankan/BMPD, Perbanas,” kata Doni, di acara KKJ 2019 di Atrium 23 Paskal Hypersquare, Bandung, Jumat (28/6/2019).

Doni mengatakan,  berbagai kegiatan dihelar dalam pameran Karya Kreatif Jawa Barat 2019 yang mengusung tema “Sinergitas Merajut Karya Menuju Jabar Juara Lahir Batin Menembus Pasar Global” di antaranya Talk Show, Fashion Show, Lomba Angklung, Pameran, Hiburan.

“Untuk pameran ditampilkan sebanyak total 27 UMKM di bidang Fashion, Kerajinan/Craft yang merupakan WUBI binaan BI Jawa Barat, BI Cirebon dan BI Tasikmalaya dan UMKM binaan Dekranasda,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro