BI Jabar dan Pemprov Jabar Deklarasi Literasi Jabar Juara Lahir Batin

Bandung – Sebagai upaya meningkatkan budaya membaca bagi seluruh masyarakat, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan Deklarasi Literasi Jawa Barat Juara Lahir Batin, di Halaman Gedung Sate, Sabtu (20/4/2019).

Kepala KPw BI Provinsi Jawa Barat, Doni P Joewono mengatakan, untuk mendukung peningkatan budaya membaca KPw BI Provinsi Jawa Barat sudah membangun perpustakaan khusus yang dimiliki dan dikelola oleh KPwBI Provinsi Jawa Barat yang fasilitasnya tidak hanya diperuntukkan untuk internal Bank Indonesia, namun dijangkau oleh pihak eksternal yang membutuhkan informasi.

“Kita mendorong Pusbijabar terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya baik untuk Internal maupun Eksternal BI,” kata Doni, disela-sela Deklarasi Literasi Jabar Juara Lahir Batin, di Halaman Gedung Sate, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Doni, pihaknya juga telah memiliki Program BI Corner yang merupakan Program Pembangunan dan penyediaan sarana pojok baca di perpustakaan, lembaga pendidikan maupun fasilitas publik strategis di seluruh Indonesia.

“Untuk jangka panjang, pojok BI diharapkan hadir di setiap jenjang pendidikan dan Perpustakaan Daerah terpilih, serta beberapa sarana publik strategis dalam rangka mendukung Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Unggulan yakni “Indonesia Cerdas”, harapnya.

Doni berharap adanya BI Corner ini bisa mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang fungsi dan peranan Bank Indonesia, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat dan kegiatan sosialisasi.

“Sesuai semangat Bank Indonesia untuk dapat berperan aktif dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebanksentralan,” ujarnya.

Untuk mendukung upaya edukasi dan sosialisasi yang masif, telah ditargetkan sebanyak 1.000 BI Corner di seluruh Indonesia dalam jangka waktu 2015–2020.***


Rep: Suparno Hadisaputro