Kini Warga Bandung Timur Lebih Mudah Jangkau Pelayanan Publik

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bagi warga Kota Bandung yang ada di wilayah timur, kini untuk mengurus pelayanan publik, administrasi penduduk dan lainnya tidak usah ke pusat kota karena sudah hadir Gerai Pelayanan Publik (GPP) yang terletak di kawasan Summarecon Bandung.

GPP ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana beserta jajarannya, Kamis (9/9/2021).

“Semoga dengan ada dua tempat Pelayanan ini dapat memberikan kemudahan bagi warga,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial kepada awak media usai peresmian.

Tak hanya itu, ada juga kendaraan roda empat yang nantinya akan bertugas secara menjemput bola untuk memberikan pelayanan terhadap warga dengan sebutan Sarana Anjungan Kemudahan Perizinan (Sakedap).

Oded mengungkapkan, tak hanya di kawasan Summarecon, Pemkot Bandung juga akan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Cianjur, Kota Bandung.

“Gedung ini bentuknya hibah pinjam pakai. Pokoknya dipinjam selama dipakai. Insya Allah Desember kami juga akan hadirkan MPP di Jalan Cianjur,” ungkapnya.

Kepala DPMPTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin berujar ada 16 instansi yang hadir di GPP Summarecon.

16 pelayanan publik ini di antaranya, pelayanan Polrestabes Bandung, Pojok UMKM, Pelayanan Konsultasi Perizinan Kota Bandung, Bappenda Kota Bandung, BPJS Ketenagakerjaan, PT Pos Indonesia, Bank BJB, Bapenda Jabar, Bea Cukai Kota Bandung, Dishub Kota Bandung, DPKP3 Kota Bandung, DPMPTSP Jabar, hingga Disdukcapil Kota Bandung.

“Di sini ada instansi luar dan instansi dari pemkot. GPP miliki tiga lantai dan setiap lantainya sudah ada petunjuk-petunjuk guna memudahkan warga,” ujar Ronny.

Sementara itu, Executive Director Summarecon Bandung Hindarko Hasan menyebut, kerjasama ini telah dilakukan sejak 2020. Dihadirkannya GPP di Summarecon ini sebagai upaya mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Bayangkan saja kalau warga di Timur datang ke pusat kota. Jadi, ketika ada inisiatif dari Pemkot untuk hadirkan GPP,” sebutnya.

Menurutnya, hibah simpan pakai GPP Summarecon berlaku selama lima tahun. Kemudian ketika masa berlakunya sudah selesai, maka akan ada pembicaraan lebih lanjut antara kedua belah pihak.

“Kami langsung sambut baik di samping kami ada kapasitas kawasan melayani warga Summarecon dan lainnya,” tuturnya.

“Kerjasama dengan Pemkot Bandung ini pinjam pakai selama lima tahun, untuk perpanjangan bisa dibicarakan nanti,” pungkasnya. (Sumber: news.detik.com)