BATAN Gelar Temu Pelanggan

Bandung – Untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat penggunanya, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar temu pelanggan bertempat di Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT), Bandung, Jumat (7/9/2018).

Kepala Pusat Teknologi Nuklir Terapan BATAN, Jupiter Sitorus Pane mengatakan, temu pelanggan dilakuan untuk memberikan informasi kepada para pelanggan terkait teknologi yang dimiliki 3 reaktor nuklir yang dimiliki BATAN untuk kemudian bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Temu pelanggan ini kita gunakan sebagai ajang mempromosikan keunggulan pemanfaatan teknologi nuklir dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat,” ucapnya.

Menurut Jupiter, 3 reaktor milik BATAN masing-masing Reaktor TRIGA 2000, Reaktor Kartini dan Reaktor Serba Guna G.A Siwabessy bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti untuk jasa iradiasi, pengujian sampel penelitian dan produksi radioisotop untuk bidang pertanian, kesehatan industri dan lingkungan.

“Pemanfaatan reaktor nuklir tidak hanya untuk kegiatan litbang saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan mqsyarakat,” kata Jupiter, di PSTNT yang juga merupakan tempat berdirinya Reaktor TRIGA 2000, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (7/9/2018).

Jupiter mengharapkan, dengan adanya temu pelanggan ini, masyarakat luas bisa lebih mengenal pemanfaatan reaktor riset ini dengan baik. Teknologi nuklir tidak hanya untuk listrik maupun senjata tetapi tentunya lebih luas lagi.

“Dengan temu pelanggan ini kita harap proses diseminasi dapat berjalan dan jumlah stakeholder semakin bertambah sehingga pemanfaatan teknologi nuklir dapat semakin optimal,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung