Bangun Employee Engagement, PT Bio Farma Lakukan Tanam Pohon

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bagian dari upaya untuk melestarikan keanekaragaman hayati, melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), PT Bio Farma melakukan penanaman pohon di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, Kec. Cicalengka, Kab.
Bandung.

Penanaman pohon yang melibatkan 19 karyawan yang berasal dari perwakilan komunitas internal Bio Farma, merupakan kelanjutan program penanaman 1000 pohon yang dilakukan secara bertahap sekaligus bentuk employee engagement melalui voluntary aktivitas TJSL.

Komunitas internal Bio Farma yang terlibat dalam penanaman pohon diantaranya, komunitas Sepak Bola, Bio Musik, Bio Boxing, Bif Farma Motor Club (BGMC), Bio Harmony, Bio Archery, dll.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyampaikan bahwa sebagai bentuk upaya perusahaan untuk melibatkan karyawan secara aktif dan menciptakan iklim kerja yang positif. Bio Farma melalui aktivitas TJSL mengajak peran serta dari seluruh karyawan untuk berkontribusi secara nyata dalam kegiatan TJSL.

“Kegiatan ini sebagai salah satu wujud tanggung jawab perusahaan bekerja sama dengan Departemen TJSL dalam upaya membangun employee engagement dan meningkatkan kepedulian serta kontribusi nyata karyawan berpartisipasi aktif dalam program TJSL,” ucap Honesti, Senin (20/2/2023)

“Kegiatan ini juga sesuai dengan filosofi Bio Farma yaitu dedicating to improving quality of life, yang memiliki makna bahwa kehadiran Bio Farma dimasyarakat bukan hanya berperan untuk menyehatkan setiap generasi dengan produk yang kami hasilkan, tetapi memiliki peran juga untuk memperbaiki kualitas kehidupan melalui perbaikan dan pelestarian lingkungan” tambah Honesti.

Kepala Divisi TJSL, Tjut Vina menyampaikan bahwa kegiatan ini, dilaksanakan sebagai bentuk untuk membangun employee engagement sekaligus wujud nyata perusahaan terhadap partisipasi aktif dalam program TJSL dengan mengangkat tema “Great company, creating great employees, for doing great work”.

“Keterlibatan dan kontribusi karyawan dalam kegiatan TJSL, tidak akan berhenti pada penanaman pohon ini, namun Bio Farma akan melibatkan seluruh karyawan Bio Farma dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh TJSL diantaranya yaitu wali pohon, wali mangrove, rehabilitasi terumbu karang & kawasan pesisir, perhutanan sosial, bakti sosial kesehatan, sentra vaksinasi dan adopsi rehabilitasi fauna dilindungi,” ungkat Tjut Vina.

Menurut Tjut Vina, tujuan penanaman pohon ini untuk melestarikan hutan atau lingkungan yang ada di sekitar kita, karena pohon dan tumbuhan lainnya merupakan komponen penting dalam bagian ekosistem yang memiliki beragam fungsi penopang kehidupan, baik manusia maupun satwa liar.

“Menanam pohon merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi, dengan pohon dan hutan yang baik, maka akan memberikan kesejahteraan yang baik pula untuk manusia,” kata Tjut Vina.

“Dengan adanya kegiatan ini, Bio Farma berharap masyarakat termasuk karyawan dapat meningkatkan kepedulian terhadap kondisi sosial, kesehatan, dan lingkungan hidup,” tutup Tjut Vina. (Parno)