Bandung Zoo Tambah Species Bambu Langka Endemik Jawa Barat

Penggagas Akademi Citarum, Mastok Setyanto.

Bandung – Sekitar 70 batang bibit bambu jenis Bambu Betung dan Bambu Mayang, ditanam di sejumlah tempat di sekitar Bandung Zoo, Tamansari Bandung oleh para mahasiswa yang tergabung dalam  komunitas Akademi Citarum.

Manager Komunikasi Bandung Zoo, Sulhan Syafi’i menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada komunitas Akademi Citarum yang telah melakukan penanaman pohon bambu speceis langka di lahan Bandung Zoo.

“Penanaman berbagai jenis bambu di Bandung Zoo sejalan dengan harapan dan keinginan Romli Bratakusumah yang merupakan salah satu pendiri Bandung Zoo yang ingin menjadikan  semua species tanaman bambu ada di sini,” ucapnya.

Sulhan berharap, dengan bertambahnya berbagai jenis bambu yang ditanam di Bandung Zoo, masyarakat atau mahasiswa yang ingin mengetahui jenis bambu untuk penelitian bisa datang langsung ke Bandung Zoo.

“Kita tuh ingin membuat Arboretum Bambu mini, dan bambu itu menarik burung-burung datang,” kata Sulhan, di Bandung Zoo, Selasa (11/12/2018).

Menurut Sulhan, dari species yang sudah ada Bandung Zoo, sudah ada ribuan batang bambu tumbuh di Bandung Zoo dan dengan adanya penambahan jenis baru ini akan bertambah pula bambu yang ada di Bandung Zoo.

“Kita berharap dalam setahun ke depannya semua jenis bambu endemik Jawa Barat sudah ada di Bandung Zoo,” katanya.***


Rep: Suparno Hadisaputro