Bandung Zoo Buka Minat Masyarakat Jadi Orang Tua Asuh Satwa

Alshad Ahmad, orang tua asuh dari Harimau Benggala bernama Eshan.

Bandung – Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi orang tua asuh salah satu koleksi satwa yang ada di Bandung Zoo. Hingga saat ini sudah ada sejumlah warga kota Bandung termasuk Walikota Bandung dan istri yang menjadi orang tua asuh untuk salah satu koleksi satwa di Bandung Zoo.

“Yang sudah memiliki orang tua asuh diantaranya 2 ekor Harimau Benggala, 1 ekor Tapir serta Orang Utan bernana Cinta Lestari dengan orang tua asuhnya Ridwan Kamil bersama istri,” kata Marketing Communications Bandung Zoo, Sulhan Safi’i.

Menurut Sulhan, dengan menjadi orang tua asuh satwa, maka yang bersangkutan memiliki hak-hak diantaranya pemberian nama anak serta menerima update informasi mengenai perkembangan hewan tersebut.

“Orang tua asuh hanya untuk 1 tahun sejak penetapan sesuai kesepakatan dan bisa menjenguk secara rutin, tanggungjawab sama makanan, mainan,” tuturnya.

Sementara itu, Alshad Ahmad yang merupakan orang tua asuh dari Harimau Benggala bernama Eshan menyatakan akan tetap mendatangi dan melihat satwa asuhnya meski nantinya sudah tidak lagi menjadi orang tua asuh.

“Saya sudah hampir 1 tahun menjadi orang tua asuh Eshan, dan akan berkunjung terus serta memberi makanan meski nanti batas akhir menjadi orang tua asuh berakhir,” ujarnya saat perayaan 1 tahun Harimau Benggala di Bandung Zoo, Senin (25/6/2018).

Alshad menyatakan, dirinya senang dengan melihat kondisi Harimau Benggala yang menjadi orang tua asuhnya dan akan kembali menjadi orang tua asuh jika kedepan ada kelahiran harimau baru di Bandung Zoo.

“Kalau ada kelahiran baru lagi, baru akan daftar, saya juga akan terus berkunjung sekaligus bawa makanan bagi Eshan,” kata Alshad.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung