Bandung Command Centre Unsur Utama Bandung Smart City

Bandung. Salah satu penunjang untuk menggapai misi menuju kota pintar (smart city), Pemerintah Kota Bandung membuat sebuah Pusat Kendali yang diberi nama Bandung Command Centre, sebagai unsure utama. Di instalasi canggih ini, terdapat dua software dan aplikasi unggulan yakni Media Social Mapping dan Panic Button.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Media Social Mapping adalah merupakan software canggih yang dihibahkan oleh pemerintah Norwegia sebagai uji coba. Piranti lunak ini mampu menangkap segala macam percakapan warga di media sosial facebook dan twitter yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik ataupun keluhan-keluhan warga terkait dengan infrastruktur yang ada dikota Bandung.

“Mesin ini, akan mencatat percakapan warga. Dihitung per wilayah per isu masalah. Kalau saya klik isu macet akan muncul isu macet di kecamatan mana saja,” jelas Emil, sapaan akrab bagi orang nomor satu dikota Bandung ini, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, setelah keluhan warga itu dipetakan sesaui dengan wilayahnya maka ia bisa langsung mengambil keputusan.

“Pengalokasian bantuan sumber daya tidak dipukul rata, tapi dijabarkan oleh mapping tadi sesuai pemetaan masalah. Pemkot Bandung mengolah data dan mengambil keputusan manajemen yang akurat. Tanpa Social Media Mapping ini kita hanya mengira-ngira atau menunggu warga komplain,” ujar Emil.

Evy Damayanti