Astindo Jabar Gelar Raker untuk Tingkatkan SDM

Bandung – Sebanyak 52 Travel Agent dari seluruh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang tergabung dalam Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Jawa Barat mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Astindo Provinsi Jawa Barat.

Ketua Pelaksana Rakerda I DPD Astindo Jawa Barat, Novi Khotijah mengatakan, tujuan digelarnya Rakerda Astindo Jawa Barat sebagai ajang evaluasi pelaksanaan program kerja yang telah dijalankan dan yang akan dijalankan agar dapat mengatasi dan mengantisipasi masalah dan kendala pada bidang tour dan travel. Selain itu, secara global untuk memberikan kontribusi peningkatan pariwisata Jabar dan Indonesia pada umumnya.

“Dalam Rakerda ini kita menetapkan kerangka dasar program kerja yang berbasis pada peningkatan SDM yang berkompetensi pada era Milenial 4.0,” ucapnya.

Novi berharap, travel-travel konvensional bisa bertahan di derasnya online travel agent saat ini, sehingga perlunya peningkatan SDM melalui uji kompetensi karena dengan ini akan menjadi modal untuk peningkatan mutu dan kwalitas, sehingga bisa bersaing dengan travel agent lain

“Astindo Jabar paling banyak asesornya atau tim penguji jadi untuk uji kompetensi Astindo Jabar salah satu asesor yang diandalkan, jadi untuk yang akan datang uji kompetensi menjadi sebuah keharusan,” kata Novi, di acara Rakerda Astindo, Rabu (22/5/2019).

Novi menambahkan, peningkatan SDM yang berkompetensi pada era Milenial 4.0 adalah salah satu senjata dan travel-travel konvensional juga harus memiliki kekuatan yang lebih besar sehingga untuk masalah digital bisa dilakukan.

“Ini yang akan gagas menjadi program kerja, kita juga harus menyampaikan kepada publik bahwa kita punya produkĀ  yang kuat, kita punya pariwisata Indonesia yang sangat luar biasa,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro