Antisipasi Banjir, Pemkot Bandung Bakal Konsolidasi dengan Pemda Bandung Raya

KILASBANDUNGNEWS.COM – Untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di musim hujan, Wali Kota Bandung Oded M Danial sudah menyiapkan rencana mengajak konsolidasi pemerintah daerah (Pemda) di wilayah Bandung Raya.

Diungkapkan Oded, Pemerintah Kota Bandung akan mengadakan rapat internal dengan pihak perwakilan Pemda di Bandung Raya untuk membahas penanganan banjir. Pemda yang dimaksud adalah Pemerintah Kabupaten Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan Pemerintah Kota Cimahi.

Menurut Oded, konsolidasi dengan Pemda yang ada di wilayah Bandung Raya harus dilakukan karena titik banjir terbanyak ada di wilayah perbatasan.

“Alhamdulillah saya sudah menyiapkan kepada pak Asisten bahwa dalam menghadapi musim penghujan ini, secepatnya kita harus adakan rapat-rapat konsolidasi dengan wilayah lain,” ujarnya saat ditemui awak media di Pendopo Kota Bandung, Rabu (3/11/2021).

Oded menyebut, selain dengan Pemda di wilayah Bandung Raya, Pemerintah Kota Bandung juga akan melakukan konsolidasi dengan Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan dengan adanya kebersamaan dari Pemerintah Provinsi juga, terutama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi, karena ini tidak bisa parsial dilakukan di Kota Bandung. Jadi ini harus ada kerjasama dengan wilayah lain. Tapi dengan wilayah lain juga, itu harus ada yang mediasinya, yaitu dari Provinsi,” kata Oded.

Sedangkan untuk mengantisipasi banjir di beberapa titik Kota Bandung, Oded mengatakan sudah meminta kepada DPU Kota Bandung untuk mempersiapkan antisipasi.

“Saya terus minta kepada Dinas terkait terutama Dinas PU, untuk mempersiapkan ketika ada hujan, kita bersikap. Dan Alhamdulillah tadi pagi saya sudah tanya ke pak Didi Ruswandi (Kepala DPU), beliau sudah siap bersih-bersih di tempat yang terjadi banjir,” tutup Oded.

DPU Kota Bandung mencatat ada 17 titik area jalan dan pemukiman yang terendam banjir pada saat hujan deras yang terjadi sejak kemarin Selasa 2 November 2021 siang hingga malam hari

Dari 17 titik yaitu Jalan Kopo Citarip setinggi, Pasirkoja (depan Apotek Djaya setinggi), Jalan Ibrahim Adjie dan Jalan Rumah Sakit simpang Soekarno-Hatta, Jalan Cingised depan Griya Caraka sampai Jalan Kav Geologi Barat, Jalan Rumah Sakit, Jalan Rancabolang tepatnya di Jalan pasantren, Jalan Margacinta depan Bunga Bakung, Pasar Induk Gedebage dan Jalan Cikutra Barat. (PRFM)