Aktor Henky Solaiman Meninggal Dunia, Jenazahnya Dikremasi

Hengky Solaiman (kiri) bersama putranya Verdy Solaiman. (Foto: Istimewa)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Aktor senior Hengky Solaiman diketahui meninggal dunia pada Jumat (15/5) sore. Hengky meninggal dalam usia 78 tahun di kediamannya di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, karena sakit komplikasi.

Pria kelahiran Bandung, 30 Agustus 1941 itu telah mengidap kanker usus sejak lama.

Hengky sempat menjalani operasi pengangkatan tumor di RS Sumber Waras, Jakarta pada 18 Maret 2020 lalu. Hal tersebut diungkapkan Verdy Solaiman putra almarhum Hengky saat dihubungi sejumlah media, Jumat (15/5/2020).

“Iya bapak memang 18 Maret lalu menjalani operasi pengangkatan tumor di RS Sumber Waras, Jakarta. Namun meski operasi sukses dilakukan, beliau sempat mengalami pendarahan. Makanya sejak saat itu beliau donor darah terus karena darah beliau kan AB jadi agak kesulitan cari pendonornya,” ungkap Verdy.

Ditambahkan, pria yang terakhir bermain dalam sinetron Dunia Terbalik itu memang akhirnya tidak tertolong dan meninggal dunia pada hari ini sekitar pukul 16.40 WIB di kediamannya di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

“Iya bapak tadi enggak ada jam 16.40 WIB di rumah dan saat ini beliau di semayamkan dirumah di Jalan Pilar II Blok G No.7, Kedoya Selatan, Jakarta Barat” tandasnya.

Rencananya, jenazah Hengky akan dikremasi sesuai dengan wasiat Henky saat masih hidup.

“Rencana dikremasi. (Waktunya) Belum tahu, masih dirundingkan sama keluarga. Iya (dikremasi) memang keinginan om Henky,” kata Norman Solaiman, salah satu keponakan dari Henky Solaiman di Rumah Duka RS Husada, Jumat (15/5) malam.

Terakhir, Hengky membintangi sinetron Dunia Terbalik sebagai Wak Sain dan sempat beradu akting dengan para aktor muda, sebelum akhirnya mengundurkan diri dari sinetron tersebut pada Januari 2020 karena alasan kesehatan.

Tak hanya aktif di depan layar kaca, Hengky juga dikenal sebagai seorang sutradara. Terdapat 14 karya film yang dihasilkan sepanjang kariernya sebagai sutradara. Salah satunya berjudul Kecil-Kecil Jadi Pengantin yang diperankan Richie Ricardo dan Rima Melati.

Hengky Solaiman semasa hidupnya dikenal sebagai aktor kawakan. Ia sudah membintangi puluhan sinetron dan film sejak 1970-an hingga tahun ini.

Pertama kali terkenal melalui film Wajah Seorang Laki-Laki yang dibintanginya tahun 1971. Sepanjang kariernya, pria yang sempat belajar di Akademi Teater Nasional Indonesia Yogyakarta itu telah membintangi puluhan judul film dan sinetron di Indonesia.

Sejumlah film pernah diperankan oleh Hengky Solaiman di antaranya Laskar Pelangi karya cerita Andrea Hirata, Comic 8, Jenderal Soedirman, hingga film Warkop DKI Reborn.

Terakhir, sosoknya sangat populer karena berperan di sinetron Dunia Terbalik, memerankan tokoh Wak Ain.

Di tengah kariernya yang sedang moncer, Hengky Solaiman memilih mundur dari dunia film karena sakit dan tak ingin mereporkan para aktor lain. (SUM)