Suasana pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 3 Bandung, Senin (9/4/2018). Foto : Suparno/LPS PRSSNI Bandung

Bandung – Sebanyak 300 ribu siswa di Jawa Barat mulai dari jenjang SMA, MA hingga Paket C, mulai hari ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepada wartawan di sela-sela pemantauan pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 5 Bandung, Senin (9/4/2018), Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan, pelaksanaan dan nilai hasil UNBK tidak menjadi syarat utama kelulusan seorang siswa.

“Yang menentukan kelulusan seorang siswa adalah pihak sekolah melalui nilai-nilai yang telah ditentukan sesuai aturan, seperti nilai sikap perilaku minimal baik, lulus ujian satuan program pendidikan serta menyelesaikan seluruh program pembelajaran,” ucapnya.

Menurut Ahmad, ada beberapa pendidikan, seperti pendidikan  kedinasan kepolisian, militer dan juga beberapa kementerian seperti Institut Pendidikan Dalam Negeri  (IPDN), Perhubungan, nilai hasil ujian itu menjadi dasar untuk penerimaan.

Sebanyak 1.530 sekolah di Jawa Barat mulai Senin (9/4/2018) hingga Kamis (12/4/2018) menggelar ujian nasional berbasis komputer atau UNBK. Tercatat sebanyak 213.078 orang untuk tingkat SMA, 67.339 ribu peserta jenjang MA dan paket C diikuti sekitar 43 ribu peserta.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung