AAF 2019: Solidaritas untuk Palestina

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat membuka gelaran Asia Afrika Festival 2019, di Bandung Sabtu (29/6/2019).

Bandung – Gelaran Asia Africa Festival (AAF) 2019 memunculkan sesuatu yang berbeda. Perhelatan untuk memperingati momentum Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-64 ini diisi konten khusus dukungan terhadap Palestina.

“Ada solidarity walk. Ini dalam rangka dukungan Kota Bandung untuk saudara-saudara kita di Palestina,” ucap Dewi Kaniasari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (28/6/2019).

Perempuan dengan sapaan akrab Kenny ini menuturkan, acara solidaritas akan menjadi agenda pembuka untuk peringatan puncak AFF 2019, Sabtu (29/6/2019). Acara bakal dimulai dari Pendopo Kota Bandung. Di sana para tamu istimewa ini berkumpul.

Tepat pukul 08.00 WIB, para tamu undangan yang terdiri dari duta besar dan delegasi dari 19 negara sahabat dan beberapa bupati dan wali kota di Indonesia bakal berjalan menuju area Palestine Walk di Jalan Alun-Alun Timur.

Selain sambutan dari Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, solidaritas untuk Palestina juga akan ditandai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol pengharapan. Ini juga sebagai dukungan terhadap kebebasan masyarakat Palestina.

“Tahun ini temanya solidarity untuk rakyat Palestina. Kegiatan Solidarity Walk sekitar 1 jam,” tegasnya.

Selain acara khusus mengenai solidaritas untuk Palestina, Kenny mengungkapkan, pada gelaran AAF 2019 ini juga akan banyak penampilan kejutan dari peserta karnaval. Saat ini sudah terdata 40 kelompok yang akan melibatkan 1.100-an orang bakal ikut memeriahkan acara karnaval kebudayaan.

“Pawai kebudayaan diikuti juga dari luar negeri. Lalu ada dari luar daerah di Indonesia. Kemudian dari regional Jawa Barat dan tentunya dari Kota Bandung. Kualitasnya mudah-mudahan lebih bagus dari tahun kemarin,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, solidaritas untuk Palestina sangat penting. Sebab, Bandung yang menjadi tempat gelaran KAA pada 64 tahun silam menjadi tonggak sejarah mengenai kemerdekaan penuh bangsa-bangsa di Asia dan Afrika, tanpa terkecuali untuk Palestina.

“Tentunya membuktikan bahwa Bandung sebagai pusat Asia Afrika bisa berkontribusi. Karena temanya tahun ini solidarity terhadap Palestina jadi kita ikut mendorong kemerdekaan Palestina. Dengan adanya Palestine Walk masyarakat Kota Nandung mendukung dengan simbol ini untuk saudaranya di Palestina,” papar Yana.

Yana menyatakan, persiapan pelaksanaan AAF 2019 sudah mencapai 99 persen. Meski begitu dia menginstruksikan agar pemeriksaan kembali dilakukan untuk memastikan segala kebutuhan sudah tertangani dengan baik.

“Persiapan insyaallah 99 persen. Memang 1 persen ini soal cuaca,” katanya.***