9 Wisata Sejarah di Bandung yang Wajib Dikunjungi

BAGI masyarakat yang tinggal di luar kota, Bandung merupakan salah satu kota wisata yang kerap jadi tujuan saat liburan tiba. Selain karena aksesnya mudah, Kota Bandung menyuguhkan beragam destinasi yang sayang jika dilewatkan.

Namun, jika umumnya Bandung identik dengan wisata alam dan kuliner, ternyata ada banyak pula pilihan tempat wisata bersejarah di Bandung yang tak kalah untuk ditelusuri, lho.

Nah, bagi kamu yang hendak berkunjung ke Bandung dan ingin menikmati beragam wisata sejarah di sana, berikut rekomendasi tempat wisata sejarah di Bandung paling populer!

  1. Gedung Sate

wisata-sejarah-bandung-1-Wikipedia-scaledBoleh dibilang, Gedung Sate merupakan salah satu gedung yang ikonik di pusat kota Bandung. Rasanya tak lengkap jika ke Bandung tapi tidak melewati gedung bersejarah di Bandung ini. Berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 22, Kecamatan Bandung Wetan, ada beragam nilai sejarah pada gedung yang kini menjadi kantor gubernur Jawa Barat ini.

Dibangun pada tahun 1920, gedung ini pernah menjadi lokasi pertempuran saat para pejuang kita melawan pasukan Gurkha dari Inggris. Meski kamu tidak bisa memasuki gedung ini, kawasan Gedung Sate kerap menjadi tujuan wisata sejarah di Bandung yang cukup digandrungi.

Selain bisa menikmati gedung bersejarah ini dari luar, di sana juga terdapat juga museum yang bisa kamu kunjungi. Di dalamnya, kamu bisa mencoba wahana virtual reality yang membuatmu seakan-akan sedang naik balon udara yang mengelilingi Gedung Sate.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

  1. Monumen Bandung Lautan Api

wisata-sejarah-bandung-2-FlickrDestinasi wisata sejarah di Bandung selanjutnya adalah Monumen Bandung Lautan Api. Monumen ini terletak di kawasan Jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Saat musim liburan tiba, monumen ini tidak pernah sepi dari wisatawan dan menjadi tempat untuk hunting foto.

Selain karena gratis, pemandangan saat senja di objek wisata sejarah di Bandung ini juga tak kalah cantik lho! Buat yang belum tahu, monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan masyarakat Bandung untuk menjaga kota mereka dari serangan tentara sekutu yang terkenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api.

Lokasi: Jl. Bkr, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

  1. Jalan Braga

wisata-sejarah-bandung-3-WikipediaMirip seperti lokasi Kota Tua di Jakarta, Jalan Braga di Kota Bandung ini menyuguhkan suasana yang membuat kita seakan sedang berada di Indonesia tempo dulu. Sudah ada sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda, kawasan wisata sejarah di Bandung ini kini berubah menjadi tempat nongkrong anak muda Bandung yang cukup hits.

Selain jadi tempat buat mereka berfoto-foto, destinasi wisata sejarah di Bandung ini juga menyuguhkan beragam kuliner yang bisa kamu coba, seperti siomay, coffee shop, hingga mencicipi roti di Toko Sumber Bahagia.

Lokasi: Jl.Braga, Bandung, Jawa Barat

  1. Gua Belanda

Berada di Taman Hutan Raya Djuanda, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Gua Belanda dahulu digunakan sebagai tangki penyimpanan air raksasa untuk cadangan di musim kemarau. Tak hanya itu, dahulu objek wisata bersejarah di Bandung ini juga sempat menjadi Stasiun Radio Belanda pada zaman Perang Dunia II.

Kini, Gua Belanda hanya menjadi lokasi wisata sejarah Bandung, namun kerap jadi tujuan bagi kamu yang sedikit ingin menantang nyalimu. Jika ragu dan takut tersesat, kamu bisa menjelajahi objek wisata bersejarah di Bandung ini dengan ditemani oleh pemandu.

Lokasi: Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

  1. Gedung Merdeka

wisata-sejarah-bandung-5-WikipediaGedung bersejarah di Bandung ini merupakan saksi sejarah berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, destinasi wisata sejarah di Bandung ini sangat cocok untuk kamu jadikan objek foto berkat desain arsitekturnya yang menawan.

Puas berfoto-foto, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Asia-Afrika yang berada berdampingan dengan gedung bersejarah di Bandung ini. Di sana, kamu bisa melihat hal-hal yang bersejarah, seperti koleksi mesin ketik yang digunakan saat konferensi, ruang dokumenter, ruang pameran, hingga ruang galeri.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

  1. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

wisata-sejarah-bandung-6-WikipediaDestinasi wisata sejarah di Bandung selanjutnya ini juga sangat sayang untuk dilewatkan. Di Museum Mandala Wangsit Siliwangi, kamu bisa melihat koleksi senjata bersejarah yang pernah digunakan oleh Pasukan Kodam Siliwangi.

Senjata yang disimpan di sini tidak hanya senjata militer saja lho, tetapi juga terdapat beberapa senjata tradisional yang masih terawat sampai sekarang. Berlokasi di Jalan Lembong Nomor 38, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, destinasi wisata sejarah di Bandung ini diresmikan oleh Kolonel Ibrahim Adjie pada tahun 1966.

Lokasi: Jl. Lembong No.38, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

  1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

wisata-sejarah-bandung-7-Disparbud-JabarJika diperhatikan, bentuk monumen ini hampir menyerupai Monumen Bambu Runcing di Surabaya. Nah, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan sebuah museum di mana di dalamnya terdapat tujuh buah diorama yang menceritakan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat dari masa kerajaan hingga kemerdekaan.

Mengunjungi objek wisata sejarah di Bandung ini, kamu juga bisa menemukan ruang perpustakaan dan ruang audiovisual untuk kamu yang ingin lebih mengenal sejarah Jawa Barat.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur No.48, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

  1. Benteng Pasir Ipis

Tidak ada catatan sejarah pasti yang menuliskan nama benteng peninggalan Belanda ini, namun karena lokasinya yang berada di kawasan Pasir Ipis maka benteng bersejarah ini kemudian dikenal dengan nama Benteng Pasir Ipis.

Diperkirakan, benteng yang memiliki panjang mencapai 1 km ini dibangun mulai tahun 1819 dan selesai pada 1930 sebagai bentuk pertahanan Belanda pada masa perang dunia pertama.

Kini, objek wisata bersejarah di Bandung ini tidak lagi benar-benar utuh. Sebagian besar permukaan benteng juga telah tertutupi lumut dan kawasannya dipenuhi pepohonan dan tanaman liar. Namun, hal ini tak mengurangi pesona dari tempat wisata sejarah di Bandung satu ini.

Lokasi: Desa Jayagiri, Kecamatan,Lembang Kabupaten Bandung Barat

  1. Gedung Indonesia Menggugat

wisata-sejarah-bandung-9-FlickrDestinasi gedung bersejarah yang ada di Bandung lainnya adalah Gedung Indonesia Menggugat. Gedung yang dibangun pada 1907 ini awalnya merupakan rumah warga Belanda sebelum berubah fungsi menjadi Pengadilan Pemerintahan Kolonial Belanda yang digunakan untuk mengadili para pejuang kemerdekaan, termasuk diantaranya Soekarno, Maskoen, hingga Sastromolejono, dan Sartono.

Nama “Indonesia Menggugat” sendiri dikenal atas peristiwa bersejarah kala Soekarno diadili dan memberontak melalui pembelaan dengan judul “Indonesia Menggugat”. Pembelaan tersebut kemudian menggegerkan pemerintahan Belanda kala itu dan menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang dikenang hingga saat ini.

Meskipun telah berusia tua, bangunan bersejarah di Bandung ini masih berdiri kokoh dan setelah beberapa kali berubah fungsi, kini tujuan wisata sejarah di Bandung ini kerap dijadikan sebagai tepat diselenggarakannya berbagai kegiatan dan acara seni, sosial, ataupun lainnya.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan, No.5, Babakan Ciamis, Sumurbandung, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung

Itulah beberapa pilihan destinasi wisata sejarah di Bandung yang bisa kamu datangi. Selain bisa wisata kuliner dan alamnya, ternyata Bandung juga memiliki banyak gedung bersejarah yang menarik, bukan?

Sumber: (Traveloka)