865 Bibit Pohon Ditanam di Blok Garung KanHay

Penanaman lebih dari 865 bibit pohon di kawasan Blok Garung (KanHay Bike Park) Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kamis (27/8/2020). (Foto: Humas Pemkot Bandung)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Lebih dari 865 bibit pohon ditanam di kawasan Blok Garung (KanHay Bike Park) Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana ikut menanam bersama Satgas Citarum Harum Sektor 22 dan warga.

Jenis pohon yang ditanam di antaranya alpukat, durian, albasia, jengkol, mangga, dan kopi. Penanaman pohon di kawasan tersebut merupakan peningkatan kawasan resapan air di kawasan Bandung timur. Tak hanya itu, penanaman pohon itu pun saja satu upaya untuk mencegah terjadinya banjir.

Wakil wali kota mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi kolaborasi antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat yang memanfaatkan lahan untuk lebih lestari.

“Kolaborasi seluruh stakeholder bisa memberikan penghijauan di lahan ini. Manfaatnya pun bisa mengurangi banjir,” ujar Yana usai melakukan penanaman, Kamis (27/8/2020).

Wakil wali kota mendorong kepada masyarakat agar bisa memeliharanya dengan baik. Karena jika tanaman tersebut sudah besar dan panen, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkannya, seperti buah-buahan. Ini harus terjaga dengan baik,” tuturnya.

Menurut wakil wali kota, lahan yang berdekatan dengan trek downhill itu pun memiliki karakter yang baik, dengan tanah. Sehingga diharapkan kawasan tersebut bisa terus berkembang.

“Ini sebagai salah satu pengendali banjir. Di dekat sini ada juga trek sepeda downhill. Kita coba lakukan tanpa menebang pohon. Kita harap bisa menjadi tempat wisata alam yang baru,” imbuh Yana.

Sementara itu, Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Inf. Eppy Gustiawan juga mengapresiasi atas kegiatan tersebut. Pasalnya kawasan yang ditanami pepohonan maupun tanaman mampu memberikan dampak yang positif bagi lingkungan.

“Ini harus dirawat dan dipelihara, sehingga hasilnya bisa nikmati bersama. Lingkungan ini pun bisa dimanfaatkan sebagai penghijauan untuk mengurangi erosi,” tuturnya. (rls)