5 Warga Sukabumi Tenggelam di Pantai Muara Cikaso, Satu Hilang

KILASBANDUNGNEWS.COM – Satu keluarga berjumlah lima orang asal Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi sempat tenggelam saat berwisata di Pantai Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi. Dari lima orang tersebut, empat lainnya dinyatakan selamat sedangkan bocah berusia lima tahun masih belum ditemukan.

Kapolsek Tegalbuleud AKP Deni Miharja mengatakan kejadian itu berlangsung pada Senin (16/5/2022) sekitar pukul 08.30 WIB. Dia mengatakan mulanya para korban sedang bermain di pinggir pantai lalu terseret ombak.

“Pada saat kejadian para korban sedang bermain di pinggir pantai, tiba-tiba datang ombak yang cukup besar menghantam korban sehingga korban terseret ke tengah laut,” kata Deni dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022).

Dia mengatakan para korban berusaha menyelamatkan diri dengan berenang ke tepian pantai. Akan tetapi korban berinisial A (5) tidak bisa menyelamatkan diri atau tidak sempat diselamatkan dan ia dinyatakan hilang.

Hingga pukul 10.20 WIB, bocah tersebut masih belum ditemukan. “Pihak Tim SAR gabungan melakukan upaya evakuasi korban yang selamat dan melakukan pencarian terhadap korban hilang tenggelam,” ujarnya.

Kabar tersebut juga dikonfirmasi oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani. Pihaknya sudah bertemu dengan keluarga korban di wilayah Kota Sukabumi dan turut membantu proses pencarian bocah yang hilang.

“Kami melakukan pengecekan alamat korban, bertemu dengan keluarga korban dan membenarkan peristiwa tersebut,” kata Imran.

Pihaknya mengaku saat ini masi terus melakukan pencarian bersama tim gabungan terdiri dari Polsek Tegalbuled, Koramil 0622-12/Tegalbuled, Posmat TNI AL Ujunggenteng, Sarda, HNSI Kec. Tegalbuleud, Pokmaswas, Karang Raruna Desa Buniasih dan Relawan. Ditambah dengan menerjunkan BPBD dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

“Tadi malam pukul 19.00 WIB telah diluncurkan tim untuk membantu pencarian korban hilang dari BPBD 4 personel dan 2 personel dari Dinkes berikut ambulans,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengunjungi keluarga korban terlebih dahulu yang tinggal di Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Kedatangannya itu sekaligus mengkonfirmasi terkait korban tenggelam di Pantai Muara Cikaso.

“Menindaklanjuti informasi perihal laka laut hilang tenggelam wisatawan asal Kota Sukabumi, BPBD telah melakukan langkah upaya penanganan. Pertama kami melakukan pengecekan alamat korban, bertemu dengan keluarga korban dan membenarkan peristiwa tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut, pagi ini timnya sedang berkoordinasi dengan wilayah setempat, kepolisian, masyarakat dan relawan kemanusiaan yang sudah ada di lokasi. Selanjutnya akan dilakukan proses penyisiran dan operasi pencarian.

Sementara itu, korban yang selamat berinisial J (40), K (38), S (11) dan EY (35) saat ini masih berada di lokasi untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Rencananya, mereka akan dievakuasi ke rumah saudara terdekat.

“Untuk korban yang selamat dievakuasi ke rumah saudaranya di Kampung Rambay, Desa Rambay, Kecamatan Tegal Buleud. Korban selamat dalam kondisi baik,” pungkasnya (Sumber : Detik.com)