Kilas Bandung, Rabu (27/6/2018)

KilasBandung – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede yang memiliki kapasitas 2 kali 55 megawatt sudah memasuki tahap konstruksi sipil atau baru mencapai 30 persen. Proyek senilai 140 ribu dolar Amerika tersebut ditargetkan bakal rampung dan beroperasi pada tahun 2019 mendatang. General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan, Ahmad Daryanto Ariyandi menuturkan, PLTA Jatigede yang berada di Kabupaten Sumedang merupakan proyek PLTA yang memanfaatkan air dari Waduk Jatigede di Sungai Cimanuk dan dapat membuat sistem kelistrikan Jawa-Bali semakin andal. Menurut Ahmad, nantinya PLTA ini akan memasok listrik Gardu Induk Sunyaragi di Cirebon, Gardu Induk Rancaekek di Kota Bandung, dan Gardu Induk Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati.

Guna meningkat minat baca warganya, Kecamatan Cinambo Kota Bandung mendeklarasikan Gerakan Membaca. Camat Kecamatan Cinambo, Dadang Iriadi menuturkan, guna mendorong kegiatan tersebut, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana berupa sebuah tempat belajar mengajar yang disediakan oleh warga.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengklaim, salah satu gagasan yang diusulkannya dalam program Citarum Harum, diterima oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Pusat. Emil menuturkan, salah satu ide usulannya adalah pembuatan pipa gendong yang berfungsi menampung limbah rumah tangga. Menurut Emil, selain sungai tersebut bersih dari sampah, juga bersih dari limbah rumah tangga.

Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Rusdiantono dengan tegas mengatakan, pihaknya akan menjangkau dan menertibkan kegiatan pungutan sumbangan yang tidak mengantongi ijin resmi. Tono menuturkan, semua kegiatan penggalangan dana, baik dengan dalih untuk anak-anak yatim piatu, pembangunan masjid, maupun kegiatan lainnya, harus menempuh prosedur perijinan dari Dinas Sosial.

Walikota Bandung Ridwan Kamil sangat mengapresiasi atas kinerja yang diperlihatkan oleh Muhammad Solihin selama mengemban amanah sebagai Pjs Walikota Bandung beberapa waktu lalu. Emil menilai, selama menjabat, Muhammad Solihin bertugas dengan sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan, dengan tidak adanya berita negatif tentang kota Bandung.

Guna menjaga pasokan listrik agar tetap terjamin kehandalannya, PT PLN Distribusi Jawa Barat, meminta kepada masyarakat untuk turut menjaga keberadaan jaringan dari hal-hal yang mengganggu seperti terhalang oleh dahan pohon. General Manager PT PLN Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana mengatakan, masyarakat bisa langsung memotong dahan atau ranting yang mengganggu jaringan atau bisa menelepon langsung melalui call center PLN di 123. Iwan menyatakan, partisipasi masyarakat dalam menjaga jaringan akan sangat membantu, dalam menjaga pasokan listrik kepada masyarakat itu sendiri sebagai konsumen.***