4 Tewas dan Puluhan Rumah Tertimbun Longsor Cisolok

Bandung – Sebanyak empat orang ditemukan meninggal dunia dan puluhan rumah tertimbun tanah longsor di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (31/12) pukul 17.00 WIB.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, hujan deras yang mengguyur sekitar Desa Sirnaresmi menyebabkan tingginya aliran permukaan di areal hutan dan persawahan serta jenuhnya air menyebabkan longsor perbukitan dan materialnya meluncur menuruni lereng kemudian menimbun puluhan rumah.

“Diperkirakan 8 orang tertimbun longsor, 4 orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia, 4 korban lainnya dalam upaya evakuasi dan sekitar 34 rumah tertimbun,” ucap Sutopo, melalui rilis yang diterima, Senin (31/12/2018).

Sutopo mengatakan, BPBD Kabupaten bersama TNI, Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, namun karena terkendala cuaca hujan dan gelap karena malam serts listrik padam dan komunikasi seluler juga sulit maka upaya evakuasi akan dilanjutkan Selasa (1/1) pagi.

“Pendataan masih dilakukan untuk memastikan jumlah korban dan rumah tertimbun longsor. Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik hingga menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi,” katanya.***


Rep: Suparno Hadisaputro