323.454 Siswa SMK Jawa Barat Ikuti UNBK 2019

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019, Senin (25/3/2019).

Bandung – Sebanyak 323.454 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 yang dilaksanakan mulai Senin (25/3) hingga Kamis (28/3) 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi  Jawa Barat, Dewi Sartika mengatakan,  berdasarkan pantauan di sejumlah SMK   pelaksanaan UNBK hari pertama berjalan dengan lancar, meski ada beberapa kendala kecil, namun secara keseluruhan semuanya bisa diatasi dengan cepat.

“Beberapa hari ke depan kita akan fokus mengawal UNBK sampai selesai agar tak ada permasalahan, lancar dan sukses,” ucap Dewi, usai meninjau  pelaksanaan UNBK di SMKN 12 Bandung, SMKN 11 Bandung dan SMK Angkasa Husein Bandung, Senin (25/3/2019).

Dewi optimis, para siswa-siswi SMK mampu  mengerjakan soal-soal dalam UNBK dengan baik dan mendapatkan nilai yang optimal.

“Tadi saya tanya siswa katanya soalnya mudah dikerjakan, jadi semoga mereka mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Kabid PSMK), Dodin Rusmin Nuryadin menyatakan, sebanyak 2.814 SMK di Jawa Barat menyelenggarakan UNBK yang artinya SMK di Jabar, 100 persen menyelenggarakan UNBK.

“Kami berharap UNBK dalam penyelenggaraannya dapat berjalan lancar. Serta, siswa peserta UNBK dapat meraih hasil optimal,” ujarnya.

Menurut Dodin, simulasi telah beberapa kali dilaksanakan dan berjalan lancar dan meminta dalam pelaksanaannya, senantiasa dijalin koordinasi antar proktor sekolah, helpdesk kabupaten/kota, helpdesk provinsi dan pusat.

‘”Meski 100% UNBK, tetapi masih ada sekolah yang bergabung dalam pelaksanaannya sekolah yang bergabung itu disebabkan jumlah peserta yang kurang dari 20 peserta atau belum terakreditasi dan belum ada izin operasional, sekitar 300 SMK yang masih  bergabung,” jelasnya.

Sedangkan Kepala SMKN 14 Bandung, Slamet Heryadi mengatakan, pelaksanaan UNBK di sekolahnya berjalan lancar karena telah dipersiapkan dengan dengan matang.

“Permasalahan seperti gangguan jaringan dan koneksi telah diselesaikan. Jadi kita telah berupaya agar UNBK ini berjalan dengan lancar,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro