312 Siswa SMA Jabar Ikuti OSN 2019 Tingkat Provinsi

Bandung – Sebanyak 312 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat (Jabar) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat provinsi yang dilaksanakan di Hotel Bumi Makmur Indah, Jalan Raya Lembang 224 Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung mulai Senin (8/4) hingga Kamis (11/4).

Kegiatan tahunan ini melombakan 9 mata pelajaran, yaitu fisika, kimia, matematika, astronomi, biologi, ilmu kebumian, informatika/komputer, geografi dan ekonomi.

Para pemenang dari setiap mata pelajaran akan mewakili Jabar di kancah nasional yang akan diadakan di Manado, Sulawesi Utara pada 30 Juni 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan bangga kepada seluruh peserta telah berhasil mengikuti OSN tingkat provinsi karena mereka adalah yang terbaik dari sekitar 670 ribuan siswa SMA di Jabar yang ikut.

“Yang paling penting bagi siswa dalam kegiatan ini untuk mengasah jiwa kompetisi sehingga menumbuhkan mental juara, saya yakin mereka telah berkompetisi dengan dirinya sendiri, sepeti menentukan prioritas dari kesibukannya sebagai siswa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Kabid PSMA) Disdik Jabar, Yesa Sarwedi menuturkan, peserta OSN tingkat provinsi telah mengikuti tahap seleksi di kabupaten/kota, sehingga mereka yang ada di sini adalah yang terbaik dari yang terbaik.

“Kegiatan ini sebagai upaya memotivasi, sekaligus mengembangkan prestasi siswa, mereka yang punya potensi dan kemampuan di mata pelajaran yang dikuasai. Semoga mereka yang mewakili Jabar mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional,” harapnya.

Salah satu peserta OSN, Nabil Khwarizmi Syuhada menyatakan siap berkompetisi di OSN ini dan dirinya telah memiliki cara tersendiri dalam melakukan persiapan, selain tekun latihan mengerjakan soal, ia pun tidak lupa meluangkan waktu bermain untuk menyegarkan pikirannya.

“Ini kali pertamanya mengikuti OSN tingkat provinsi, tahun sebelumnya cuma di tingkat kabupaten, Alhamdulillah sekarang lolos,” ujar Nabil, yang juga siswa SMAN 2 Cibinong.

OSN tingkat provinsi ini diadakan selama empat hari, di hari pertama Selasa (09/04) mata pelajaran yang diujikan adalah matematika, kimia, dan fisika, sedangkan hari kedua, biologi, kimia dan astronomi dan hari terakhir, ekonomi, kebumian, dan geografi.***


Rep: Suparno Hadisaputro