Perekaman Data e-KTP (Sumber Foto: Istimewa)

Bandung – Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Jawa Barat, Abas Bashari mengatakan, jumlah penduduk Jawa Barat yang sudah melakukan perekaman KTP Elektronik atau E-KTP mencapai lebih dari 99 persen.

“Di Jabar tinggal 300 ribuan lagi dari sebelumnya 900 ribu yang belum melakukan perekaman e-KTP dan kita akan kejar,” kata Abas saat ditemui di Kantor Disdukcapil Jabar, Jl. Ciumbuleuit No.2 Bandung, Kamis (5/4/2018).

Abas mengatakan, pihaknya tidak bisa menjamin 100 persen semua warga Jawa Barat memiliki e-KTP karena setiap hari ada warga Jabar yang memasuki usia dewasa yang berhak memiliki e-KTP. Selain itu banyak warga pendatang yang masuk wilayah Jawa Barat.

“Kalau target 100 persen itu sebenarnya sudah tercapai pada tahun 2017. Tapi untuk mencapai 100 persenpada saat ini dengan perkembangan kependudukan dinamis itu tidak akan sampai betul-betul tercapai karena setiap hari anak yang dewasa itu ada,” ucapnya.

Terkait dengan adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jabar, Abas menyatakan Disdukcapil Jabar akan terus melakukan perekaman e-KTP hingga beberapa hari menjelang pelaksanaan pencoblosan pada 26 Juni 2018 mendatang.

“Berdasarkan data, pemilih Jabar yang memilik hak diperkirakan mencapai lebih dari 32 juta orang dan ini sudah termasuk pemilih pemula yang masuk usia dewasa pada tanggal 26 nanti,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung