151.000 Hafiz Bakal Sejukkan Bandung

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded bersama Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Yana Mulyana dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bandung, Cici Ema Sumarna saat acara Safari Senyum Ramadhan 1440 H di Masjid Al Ihsan Komplek Kopo Kencana Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojongloa Kaler, Selasa (14/5/2019).

Bandung – Program 1000 hafiz untuk satu kelurahan tak hanya soal kuantitas atau angkanya saja, tetapi dibarengi dengan implementasi para hafiz yaitu mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya, para hafiz bakal menyejukkan Kota Bandung.

“Hadirnya 1000 hafiz untuk satu kelurahan yang berarti 151.000 hafiz di Kota Bandung. Itu  nantinya akan menghadirkan kota yang sejuk,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded saat acara Safari Senyum Ramadhan 1440 H di Masjid Al Ihsan Komplek Kopo Kencana Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojongloa Kaler, Selasa (14/5/2019).

Selain Umi Oded, sapaan akrab Siti Muntamah, hadir di acara ini di antaranya Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung, Yunimar Yana Mulyana dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bandung, Cici Ema Sumarna.

Kota Bandung menargetkan memiliki 151.000 penghafal Alquran (hafiz dan hafizah) pada 2023 mendatang. Hal itu sesuai dengan target 1.000 hafiz di setiap kelurahan.

Oleh karenanya, Umi Oded berharap, keluarga muslim di Kota Bandung bisa menyayangi Alquran.

“Menyayangi Alquran itu harus dimulai dari rumah,” ujar Umi,

Pada momen Ramadan ini, ia juga mengajak seluruh warga muslim di Kota Bandung untuk menggiatkan lagi rutinitas membaca Alquran.

“Ramadan bukan sekadar berpuasa. Jauh lebih penting, bulan suci ini adalah ajang kita untuk berkomitmen menjadi ahli quran setelah keluar dari bulan Ramadan,” ujar Umi.

Selain itu, Umi tidak bosan-bosan mengingatkan warga Kota Bandung untuk memanfaatkan momentum Ramadan sebagai ajang meningkatkan ibadah.

“Dari seluruh ibadah yang dilakukan oleh umat manusia, yang paling utama adalah salatnya,” pesan Umi.

Oleh karena itu, Umi juga berpesan agar warga Kota Bandung menjalankan salat di awal waktu.

“Jadikan Ramadan ini sebagai bulan perbaikan diri. Rugi kalau kita keluar dari bulan Ramadan tanpa perubahan positif,” pesan Umi.

Safari Senyum Ramadan adalah program yang digagas oleh PKK Kota Bandung bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bandung dan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung.. Dinas-dinas ini menyosialisasikan program Pemerintah Kota seperti program Kang Pisman dan upaya penanganan juga pencegahan kebakaran.

Safari Senyum Ramadan hari ke-6, Senin (14/5/2019) ini hadir di 3 titik. Ketiga titik ini merupakan titik ke-16, 17 dan 18 dari 30 titik yang akan dikunjungi tim safari.

Ketiga titik tersebut adalah Masjid Al Ihsan, Komplek Bumi Kopo Kencana, Jalan Pilar Kopo Kencana No. 72 Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Bojongloa Kaler. Lalu dilanjut ke titik kedua di Masjid Baitul Muttaqin di Kelurahan Kebonlega, Kecamatan Bojongloa Kidul. Sedangkan titik terakhir di Masjid Besar Al-Ishlah, Kelurahan Babakan Ciparay Kecamatan Babakan Ciparay, Bandung.***