1127 Mahasiswa Unla Laksanakan KKN 2021

KILASBANDUNGNEWS.COM – Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) untuk tahun 2021. Pembukaan kegiatan KKNM dilaksanakan pada hari Kamis (12/08/2021) secara daring melalui zoom dan youtube.

KKNM dengan mengambil tema “Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KKNM UNLA dalam Menghadapi Pandemi Covid 19”, dibuka langsung oleh Rektor UNLA Dr.H.R.AR.Harry Anwar SH., MH.

Kegiatan KKNM yang melibatkan 1127 mahasiswa tersebut berasal dari berbagai fakultas, diantaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Teknik.

Para mahasiswa peserta KKNM ditempatkan di 19 Desa yang berada di 6 Kecamatan di Kabupaten Bandung, dan 11 Kelurahan yang berada pada Kota Bandung. KKNM ini melibatkan 30 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing mahasiswa selama 5 minggu dari tanggal 12 Agustus sampai 11 September 2021 mendatang.

Tiga program utama yang harus ada dalam pelaksanaan KKNM ini yaitu Program unggulan pemberdayaan masyarakat, Program promosi Unla dan Program partisipasi sesuai dengan program desa.

Sebelumnya, telah dilakukan pembekalan bagi DPL dan mahasiswa KKNM Unla pada hari senin tanggal 16 Agustus 2021, secara daring melalui zoom meeting.

Wakil Rektor I Unla Dr.Hj.Widjadjani Ir., MT dalam acara pembekalan mahasiswa KKNM menyatakan, KKNM Unla wajib dilaksanakan oleh mahasiswa karena selain sebagai pelaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) juga karena beberapa alasan diantarnya bahwa mahasiswa harus berperan aktif dalam menyelesaaikan persoalan-persoalan nyata yang terjadi di masyarakat.

“KKNM wajib bagi mahasiswa menyusul tantangan masa depan yang tidak pasti serta sebagai implementasi dari VISI Unla yaitu Universitas yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif dan berkarakter menuju masyarakat yang sejahtera di ASEAN tahun 2030,” ucapnya.

Widjadjani menyatakan, ada tiga tujuan khusus KKNM Unla 2021 yaitu, Mendukung dan menguatkan program penaggulangan dan minimalisasi dampak pandemik Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Melaksanakan pendataan (update data) kondisi desa lokasi KKNM untuk menganalisis dampak pandemi COVID-19 terhadap desa tersebut.

“Tujuan lain KKNM yaitu Mengedukasi masyarakat tentang bahaya pandemi Covid-19 dan budaya menjaga protokol kesehatan serta Membantu masyarakat mengenali potensi diri dan membentu untuk bangkit mengatasi keterpurukan akibat pandemi Covid-19,” tuturnya. (Parno)