10 Calon Komisi Informasi Jabar Lulus Seleksi Akhir

Bandung – Tim Seleksi Calon Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat (KIP Jabar) telah menyelesaikan tahapan seleksi terakhir, terhadap 45 calon Anggota KIP Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2023, dengan wawancara yang dilakukan di Gedung 2 Unpad Jl. Dipatiukur Bandung, pada Kamis (15/8) dan Jumat (16/8) untuk selanjutnya masuk tahap fit and proper test oleh DPRD Jawa Barat.

Ketua Timsel, Rafani Achyar menuturkan, tes wawancara dibagi menjadi dua hari, yaitu pada Kamis (15/08) jumlah calon KI yang diwawancara sebanyak 24 orang dan hari Jumat (16/08) 21 orang, dengan jumlah timsel yang melakukan wawancara sebanyak lima orang.

“Pelaksanaan wawacara kepada setiap peserta dilakukan secara bergantian oleh Timsel meliputi pribadi dan wawasan, untuk pribadi menyangkut motivasi bersangkutan, komitmen dan integritasnya, sedangkan untuk wawasan terkait keterbukaan informasi, wawasan kelembagaan komisi informasi dan hukum persidangan KI,” ucapnya.

Menutur Rafani, hasil wawancara akan direkapitulasi dan diputuskan dalam pleno timsel yang dilaksanakan Jumat (16/8/2019) dan diumumkan Senin (19/8/2019) dengan penilaiannya adalah akumulasi dari mulai psikotes, dinamika kelompok, penulisan makalah dan tes wawancara.

“Yang diambil oleh timsel 10 orang, sehingga otomatis (sisanya gugur),” ujar Rafani, Selasa (20/08).

Rafani menambahkan, 10 nama yang lulus tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat untuk selanjutnya diserahkan ke DPRD Jabar guna mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dan 10 orang yang lulus tersebut wajib menyusun visi misi dan program kerja KIP Jawa Barat dengan waktu yg diberikan untuk menyusun penulisan selama 5 hari kedepan.

“Visi misi dan program kerja KIP Jabar wajib diserahkan karena menjadi bahan uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi I DPRD Jawa Barat,” pungkasnya.

Berikut 10 nama yang lulus seleksi akhir calon anggota KIP Jabar masa jabatan 2019-2023, yaitu:

  1. Dadan Saputra, S.Pd., M.Si.
  2. Dedi Dharmawan, SH, MM.
  3. Deni Yudiawan, MM.
  4. Husni Farhan Mubarok, SH,M.Si.
  5. Ijang Faisal, S.Ag.,M.Si.
  6. Irianto Edi Pramano, Ir.
  7. Nuryani, S.Ag.
  8. Riva Rahayu, Dr. M.Si.
  9. Yudaningsih, S.Ag.M.Si.
  10. Zulkarnaen, M.Si.

Rep: Suparno Hadisaputro