1.000 Peserta Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Atas Rail Clinic

KILASBANDUNGNEWS.COM – Lebih dari 1.000 warga dari empat desa, yaitu Desa Sukasono, Desa Sukahaji, Desa Sukaluyu dan Desa Maripari di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, mengikuti kegiatan vaksinasi yang digelar PT KAI Daerah Operasi (Daops) 2 Bandung.

Berbeda dengan pelaksanaan vaksin yang biasa dilakukan, vaksinasi yang diselenggarakan Daops 2 Bandung ini dilakukan di atas Rail Clinic (Kereta Pelayanan Kesehatan PT KAI) yang berhenti di Stasiun Pasirjengkol.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo mengatakan, kegiatan vaksinasi yang diadakan Daop 2  merupakan bentuk dukungan PT KAI Daop 2 Bandung kepada pemerintah untuk mewujudkan 100% wajib vaksin bagi masyarakat, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

“Vaksinasi untuk mendukung program pemerintah wajib vaksin. Vaksinasi ini gratis kami lakukan di atas kereta api Rail Clinic. Kami utamakan bagi warga yang belum mendapatkan vaksin covid dosis pertama,” ucap Kuswardoyo, di Stasiun Pasirjengkol, Rabu (15/12/2021).

Kuswardoyo berharap, vaksinasi ini dapat menambah imunitas masyarakat khususnya di wilayah operasional Daop 2 Bandung terhadap virus Covid-19, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas normal dan kegiatan ekonomi kembali berjalan seperti biasa.

“Untuk vaksinasi kali ini, kita sediakan 1000 dosis. Dengan rangkaian vaksinasi kali ini, total vaksin yang telah disalurkan PT KAI Daop untuk masyarakat mencapai 4.588 dosis,” kata Kuswardoyo.

“Bagi yang sudah divaksin, kami himbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” imbuhnya.

Pelaksanaan vaksinasi gratis digelar mulai pukul 08.00 WIB s.d selesai. Selain pelaksanaan vaksinasi gratis, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasional kereta api, PT KAI juga memberikan 1000 paket sembako gratis kepada masyarakat sekitar stasiun Pasirjengkol.

Di tempat yang sama, Camat Sukawening, Jeje J Abidin menyampaikan apresiasi kepada PT KAI atas nama Pemerintah Kabupaten Garut yang telah memberikan kontribusinya kepada masyarakat Kabupaten Garut, kali ini dengan memberikan vaksin Covid-19.

“Masyarakat sangat antusias mengikuti vaksinasi, apalagi dilakukan diatas kereta, yang tentu belum pernah sebelumnya,” ujarnya.

“Vaksinasi Ini sangat membantu kami untuk menuju pada pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity,” tambahnya.

Sementaa itu, Nurul warga Sukawening, mengaku senang dengan adanya kegiatan vaksinasi yang digelar PT KAI., apalagi dilakukan diatas kereta.

“Vaksinasi diatas kereta ini untuk pertama, sebelumnya vaksinasi pertama dilakukan di desa. Diatas kereta saya bisa melihat-lihat,” ujarnya. (Parno)