Pasien Covid-19 di RSHS Bandung Turun Drastis

KILASBANDUNGNEWS.COM – Jumlah pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dilaporkan mengalami penurunan.

Hal tersebut dilihat dari tingkat keterisian tempat tidur pasien atau Bed Occupancy Rate (BOR) Covid-19 yang turun drastis.

Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Bandung, Muhammad Kamaruzzaman mengatakan, pihaknya mencatat pada Rabu (24/2) total keseluruhan BOR di RSHS tercatat 21,08 persen. Padahal di awal Februari tingkat keterisian tempat tidur pasien mencapai lebih dari 90 persen.

“Hal ini menunjukan terjadinya penurunan yang signifikan sejak dari Februari. Tercatat di awal Februari, total rata-rata BOR pasien adalah hampir mencapai 90-92 persen. Namun saat ini menurun rata-rata jauh di bawah 26 persen,” kata Kamaruzzaman.

Kamaruzzaman mengatakan saat ini ada 60 pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSHS. Jumlah tersebut terdiri dari 24 pasien menjalani perawatan intensif alias ICU, dan 36 pasien dirawat nonICU.  Sedangkan kapasitasnya perawatan covid-19 di RSHS mencapai 278 tempat tidur pasien.

“Jika dihitung secara total keseluruhan, rata-rata BOR di RSHS pelayanan pasien Covid adalah 21,08 persen,” tuturnya.

Dengan rendahnya tingkat keterisian ini artinya menunjukkan perbaikan signifikan. Ia mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan protokol kesehatan Covid-19 agar tidak terjadi penularan masif.

“Kita berharap mudah-mudahan terus masyarakat meningkatkan prokes dan tidak terjadi penularan, transmisi di masyarakat terutama di wilayah Bandung. Sehingga pasien yang dirawat berangsur menurun,” ujarnya. (PRFMNews.id)