Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

51

KILASBANDUNGNEWS.COM – Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian jaringan Palapa Ring, Senin (14/10/2019). Acara peresmian digelar di Istana Negara, Jakarta.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian palapa ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia,” kata Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden menegaskan dunia saat ini sudah berubah dari era analog ke era digital. Teknologi digital sudah menerobos batasan jarak dan waktu.

Oleh karena itu, internet yang cepat adalah keniscayaan yang harus dihadirkan di seluruh wilayah di Indonesia.

Dilakukan pula video conference dengan sejumlah daerah, mulai dari Sabang, Penajam Paser Utara, Rote Ndao, Sorong, hingga Merauke.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, jaringan Palapa Ring barat sebenarnya sudah selesai pada tahun lalu. Sementara Palapa Ring tengah selesai pada awal tahun ini.

Adapun Palapa Ring timur yang menghubungkan Papua, Maluku, NTT sampai Pulau Rote. Rudiantara menyebut Palapa Ring timur selesai paling akhir karena medannya yang cukup berat dan infrastruktur dasarnya yang belum banyak tersedia.

Rudiantara lalu mengibaratkan palapa ring yang dibangun pemerintah ini layaknya jalan tol yang membuat tersedianya internet dengan kecepatan tinggi.

Dengan dibangunnya palapa ring sebagai jalan tol, maka operator tinggal membangun infrastruktur jalan lanjutan setelah keluar dari jalan tol itu.

“Dengan peresmian ini, maka 514 kabupaten kota sudah tidak ada yang tidak terhubung dengan jalan tol,” kata Rudiantara.***