Indonesia Garap Reaktivasi Jalur KA di Madagaskar

12

Bandung – Indonesia melalui PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggarap reaktivasi jalur kereta di Madagaskar Afrika. Demikian disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, dalam acara Family Gatering Peringatan HUT Ke-74 PT KAI di Pusdiklat Ir. H. Djuanda, Minggu (29/9).

Menurut Rini, selain menyasar negara-negara di Asia Tenggara yaitu Laos dan Kamboja, Indonesia juga menerima tawaran untuk mereaktivasi jalur kereta di Madagaskar, yang sudah serius untuk menggunakan INKA (PT Industri Kereta Api).

“Saat ini tim dari PT KAI, PT INKA, dan BUMN terkait lainnya sedang berada di Madagaskar untuk melakukan kajian sehingga diharapkan perusahaan-perusahaan Indonesia bisa mendunia,” ucapnya.

Menurut Rini, selain pengadaan fisik kereta api yang menjadi spesialisasi PT INKA, kerjasama yang dengan negara-negara tersebut juga dilakukan hingga teknis pengoperasiannya yang juga akan melibatkan BUMN lain.

“Bukan hanya menyediakan keretanya saja, kerjasama di luar negeri lainnya, penawaran pun diberikan hingga pengoperasiannya kelak,” katanya.

Selain menyasar luar negeri, reaktivasi jalur kereta juga dilakukan di berbagai daerah untuk mempermudah mobilitas masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan, seperti halnya jalur menuju Garut yang diprediksi akan tersedia paling lambat akhir tahun ini. (Parno)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.