Oded: Guru Hanya Membantu, Orang Tua Harus Membimbing Anak

152
Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengingatkan para orang tua agar membimbing anaknya saat menempih pendidikan. Pasalnya, guru di sekolah hanya membantu memperoleh ilmu.

“Terpenting adalah bagaimana perhatian orang tua kepada anak-anaknya. Karena itu kewajiban utama adalah orang tua. Adapun guru di sekolah hanya membantu,” kata Oded di Balai Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Seperti diketahui, Senin (15/7/2019), ini merupakan hari pertama masuk sekolah setelah para siswa liburan panjang.

Menurutnya, persiapan tidak hanya sekadar perlengkapan sekolah, tetapi juga persiapan orang tua dalam mendampingi anaknya. Bersekolah bukan sekadar tugas anak. Bukan pula hanya melibatkan sekolah dan guru.

“Sekolah merupakan gerakan bersama antara sekolah, orang tua, dan pemerintah dalam menciptakan suasana pendidikan yang kondusif,” katanya.

Oded menegaskan, peran orang tua amat penting sebagai pendamping anak-anak selama menempuh pendidikan. Orang tua tidak boleh menyerahkan proses pendidikan sepenuhnya kepada guru di sekolah.

“Bagi anak-anak yang baru masuk sekolah setelah liburan, mereka harus harus lebih ‘diaping’ (dibimbing-red), lebih ada perhatian,” imbaunya.

Di sisi lain, anak perlu diarahkan agar tidak hanya cerdas secara intelektual. Lebih jauh, anak juga perlu cerdas secara emosional dan spiritual.

“Guru lebih banyak di sisi kecerdasan intelektual, tapi kalau orang tua lebih banyak kecerdasan spiritual,” katanya.

Jika keduanya bersanding, kombinasi tersebut akan melahirkan pribadi anak yang unggul dan mampu berdaya saing.

“Kalau ini seimbang anak-anak bukan hanya sekadar cerdas tapi emosionalnya juga akan bagus,” ujar ayah dari tujuh orang putri itu.***

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.